Kamis, 07 Januari 2016

LAPORAN MEDIA PEMBELAJARAN

MEDIA PANGGUNG CERITA

A.    LATAR BELAKANG
   Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Hal ini sangat membantu guru mengejar dan memudahkan siswa menerima dan memahami pelajaran. Proses ini membutuhkan guru yang mampu menyelaraskan antara media pembelajaran dan metode pembelajaran.
   Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar juga dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru bagi siswa, membangkitkan motivasi belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, pemakaian atau pemanfaatan media juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran.
   Media yang dimanfaatkan memiliki posisi sebagai alat bantu guru dalam mengajar. Miasalnya grafik, film, slide, foto serta pembelajaran menggunakan computer. Gunanya adalah untuk menangkap memproses, dan menyusu kembali informasi visual dan verbal. Sebagai alat bantu dalam mengajar, media diaharapkan dapat memberikan pengalaman konkret, motivasi belajar, mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa.
   Media pembelajaran memanglah merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran. Dengan penggunaan media pada saat pembelajaran berlangsung, dapat membantu guru dalam penyampaian materi atau pesan dalam materi yang ingin di sampaikan pada siswa di kelas, karena pada hakikatnya media merupakan perantara atau alat untuk membantu memudahkan suatu penyampaian pesan.
   Pada kesempatan kali ini kami membuat sebuah media pembelajajaran yang bernama “Panggung Cerita” yang diharapkan dapat memberikan hiburan sekaligus sarana edukasi bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran yang terdapat pada kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah (satu). Pada pembuatan media pembelajaran kali ini, kami lebih menitikberatkan unsur cerita pada penyampaian materi, karena pada dasarnya siswa di kelas rendah masih dapat menerima dan menyukai dongeng atau cerita pada umumnya, apalagi dongeng yang dibawakan disertakan dengan pergerakan tohoh-tokoh yang ada pada cerita dongeng yang dibawakan di panggung cerita yang kami buat. Berikut pemaparan media pembelajaran yang telah kami buat.
  
B.    MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

C.    KELAS/SEMESTER
I/I

D.    STANDAR KOMPETENSI
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.

E.    KOMPETENSI DASAR
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.

F.     TUJUAN
Tujuan dibuatnya media pembelajaran ini, yaitu :
1.     Dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
2.     Dapat memudahkan siswa memahami tokoh-tokoh dalam cerita dengan benar.

G.   MANFAAT
Manfaat dibuatnya media pembelajaran ini, yaitu :
1.     Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
2.     Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
3.     Efisiensi dalam waktu dan tenaga.
4.     Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
  
H.   ALAT DAN BAHAN
1.     Alat
·     Gunting
·     Cutter
·     Penggaris
·     Lem aibon
·     Doubletip
·     Spidol
·     Crayon
2.     Bahan
·     Kardus bekas
·     Karton
·     Kertas kado
·     Gambar tokoh dalam cerita

I.      CARA PEMBUATAN
1.     Pertama kita siapkan alat dan bahan terlebih dahulu yang akan digunakan untuk membuat media pembelajaran.
2.     Potong bagian bagian kardus, lalu tempelkan sesuai dengan bentuk panggung.
3.     Setelah itu, potong karton sesuai dengan ukuran bentuk panggung.
4.     Setelah dipotong, tempelkan karton tersebut untuk alasnya.
5.     Untuk mempercantik tampilan panggung, tempelkan gambar-gambar sebagai background dari panggung tersebut.
6.     Setelah itu, potong gambar sesuai pola tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita.
7.     Setelah semua siap, tidak lupa gambar tokoh yang ada dalam cerita tersebut di simpan di dalam panggung.

J.     CARA PENYAMPAIAN
1.     Menjelaskan terlebih dahulu media yang kita buat dan keterkaitannya dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.
2.     Menceritakan salah satu cerita atau dongeng si kancil dengan menggunakan panggung cerita yang kita buat.
3.     Meminta siswa menceritakan kembali cerita/dongeng yang telah disampaikan.
4.     Meminta siswa untuk menyebutkan tokoh-tokoh yang ada didalam cerita tersebut.

K.   KELEBIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
·     Mudah dipahami oleh siswa dari segi cerita yang disampaikan.
·     Mudah diaplikasikan oleh siswa untuk bercerita/berdongeng.
·     Memberikan pembelajaran dan hiburan dalam satu media pembelajaran.
·     Menarik minat dan perhatian siswa tersendiri untuk memperhatikan isi cerita/dongeng yang di sampaikan.

L.    KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
·       Media mudah rusak jika terkena air atau guncangan angina.
·       Proses pembuatan media yang cukup rumit.
·       Ukuran media pembelajaran yang kurang besar untuk di tampilakn di depan kelas.



2 komentar: