MEDIA PANGGUNG CERITA
A.
LATAR BELAKANG
Media
pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan
proses belajar mengajar dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan
siswa. Hal ini sangat membantu guru mengejar dan memudahkan siswa menerima dan
memahami pelajaran. Proses ini membutuhkan guru yang mampu menyelaraskan antara
media pembelajaran dan metode pembelajaran.
Pemakaian
media pembelajaran dalam proses belajar mengajar juga dapat membangkitkan
keinginan dan minat yang baru bagi siswa, membangkitkan motivasi belajar dan
bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa, pemakaian atau pemanfaatan media juga dapat
meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran.
Media yang
dimanfaatkan memiliki posisi sebagai alat bantu guru dalam mengajar. Miasalnya
grafik, film, slide, foto serta pembelajaran menggunakan computer. Gunanya
adalah untuk menangkap memproses, dan menyusu kembali informasi visual dan
verbal. Sebagai alat bantu dalam mengajar, media diaharapkan dapat memberikan
pengalaman konkret, motivasi belajar, mempertinggi daya serap dan retensi
belajar siswa.
Media
pembelajaran memanglah merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan
penting dalam pembelajaran. Dengan penggunaan media pada saat pembelajaran
berlangsung, dapat membantu guru dalam penyampaian materi atau pesan dalam
materi yang ingin di sampaikan pada siswa di kelas, karena pada hakikatnya
media merupakan perantara atau alat untuk membantu memudahkan suatu penyampaian
pesan.
Pada
kesempatan kali ini kami membuat sebuah media pembelajajaran yang bernama
“Panggung Cerita” yang diharapkan dapat memberikan hiburan sekaligus sarana
edukasi bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran yang terdapat pada
kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah
(satu). Pada pembuatan media pembelajaran kali ini, kami lebih menitikberatkan
unsur cerita pada penyampaian materi, karena pada dasarnya siswa di kelas
rendah masih dapat menerima dan menyukai dongeng atau cerita pada umumnya,
apalagi dongeng yang dibawakan disertakan dengan pergerakan tohoh-tokoh yang
ada pada cerita dongeng yang dibawakan di panggung cerita yang kami buat.
Berikut pemaparan media pembelajaran yang telah kami buat.
B. MATA PELAJARAN
BAHASA
INDONESIA
C. KELAS/SEMESTER
I/I
D. STANDAR KOMPETENSI
Memahami
bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.
E. KOMPETENSI DASAR
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita.
F. TUJUAN
Tujuan
dibuatnya media pembelajaran ini, yaitu :
1. Dapat
menarik minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
2. Dapat
memudahkan siswa memahami tokoh-tokoh dalam cerita dengan benar.
G. MANFAAT
Manfaat
dibuatnya media pembelajaran ini, yaitu :
1. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
3. Efisiensi dalam waktu dan tenaga.
4. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
H. ALAT DAN BAHAN
1. Alat
· Gunting
· Cutter
· Penggaris
· Lem
aibon
· Doubletip
· Spidol
· Crayon
2. Bahan
· Kardus
bekas
· Karton
· Kertas
kado
· Gambar
tokoh dalam cerita
I. CARA PEMBUATAN
1. Pertama
kita siapkan alat dan bahan terlebih dahulu yang akan digunakan untuk membuat
media pembelajaran.
2. Potong
bagian bagian kardus, lalu tempelkan sesuai dengan bentuk panggung.
3. Setelah
itu, potong karton sesuai dengan ukuran bentuk panggung.
4. Setelah
dipotong, tempelkan karton tersebut untuk alasnya.
5. Untuk
mempercantik tampilan panggung, tempelkan gambar-gambar sebagai background dari
panggung tersebut.
6. Setelah
itu, potong gambar sesuai pola tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita.
7. Setelah
semua siap, tidak lupa gambar tokoh yang ada dalam cerita tersebut di simpan di
dalam panggung.
J. CARA PENYAMPAIAN
1. Menjelaskan
terlebih dahulu media yang kita buat dan keterkaitannya dengan materi
pembelajaran yang akan disampaikan.
2. Menceritakan
salah satu cerita atau dongeng si kancil dengan menggunakan panggung cerita
yang kita buat.
3. Meminta
siswa menceritakan kembali cerita/dongeng yang telah disampaikan.
4. Meminta
siswa untuk menyebutkan tokoh-tokoh yang ada didalam cerita tersebut.
K. KELEBIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
· Mudah dipahami oleh siswa dari segi cerita yang
disampaikan.
· Mudah
diaplikasikan oleh siswa untuk bercerita/berdongeng.
· Memberikan pembelajaran dan hiburan dalam satu media
pembelajaran.
· Menarik minat dan perhatian siswa tersendiri untuk
memperhatikan isi cerita/dongeng yang di sampaikan.
L. KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
· Media mudah rusak jika terkena air atau guncangan
angina.
· Proses pembuatan media yang cukup rumit.
· Ukuran media pembelajaran yang kurang besar untuk di
tampilakn di depan kelas.
Bagus sekali
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapus