Teletubbies Membawa Semangat
Pada suatu hari
terdapat anak-anak yang sedang belajar bersama. Dengan di dampingi ibu guru,
mereka terlihat aktif belajar. Pada hari itu belajar mengenai perkalian.
Pembelajaran pun dimulai tibalah waktunya dimana anak-anak belajar. Dimulai
dengan percakapan berikut :
Ibu
guru : “selamat pagi
anak-anak..”
Siswa :
“selamat pagi ibu guru..”
Ibu
guru : “apa kabarnya
hari ini?” semuanya sehat??”
Siswa :
“alhamduliah sehat ibu guru..”
Ibu
guru : “baiklah anak-anak
ada yang tahu kita akan belajar apa hari ini??”
Siswa :
“belajar matematika ibu guru....”
Ibu
guru : “ya, betul
anak-anak.. hari ini kita akan belajar matematika mengenai perkalian. Ada yang
tahu perkalian itu apa anak-anak ?”
Siswa :
“tidak bu guru...”
Ibu
guru : “perkalian itu
adalah penjumlahan berulang. Misalkan 2 x 2 itu sama dengan 2 + 2. Jadi 2 x 2 =
4, sama dengan 2 + 2 = 4.”
Pada saat proses
pembelajaran berlangsung, datanglah teletubbies menghampiri
anak-anak yang sedang belajar. Mereka pun merasa terkejut dengan kedatangan
teletubbies, akan tetapi mereka senang dan bersemangat mengetahui bahwa
teletubbies datang untuk mengikuti belajar bersama dengan mereka. Setelah itu
ibu guru kembali menjelaskan mengenai konsep perkalian, bahwa perkalian adalah
penjumlahan berulang. Dengan menggunakan tangkai yang ada pada bunga sebagai
media yang dapat digunakan, ibu guru mempraktikkan mengenai penjumlahan
berulang.
Ibu guru : “anak-anak
perhatikan ibu ya.. ibu mempunyai 4 tangkai bunga.. pada setiap tangkai
terdapat 3 bunga.. berapa banyak bunga seluruhnya?”
Siswa : “4
x 3 = 4 + 4 + 4 + 4 = 12 ibu guru..”
Ibu guru : “
ya, betul anak-anak” kalian sudah pandai menghitung ya..”
Kemudian, karena
teletubbies tidak mengikuti pembelajaran dari awal.. maka mereka tidak memahami
konsep perkalian tersebut sehingga teletubbies pun bertanya kepada ibu guru.
Teletubbies :
ibu guru saya bagaimana bisa 4 x 3 itu 12 ?
Ibu guru pun
mengulangi penjelasannya mengenai perkalian, sehingga teletubbies mengetahui
mengapa bisa 4 x 3 itu menjadi 12. Karena perkalian adalah penjumlahan
berulang. Setelah semua siswa memahami konsep perkalian ibu guru pun memberikan
latihan soal kepada mereka.
Contoh Soal
1. 2 x 5 = 5 + 5= 10
2. 6
x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 18
3. 4
x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
4. 7
x 8 = 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 = 56
5. 10
x 10 = 10 + 10 + 10 + 10 + 10
+ 10+ 10 + 10 + 10 + 10 = 100
6. 4
x 28 = 28 + 28 + 28 + 28 = 112
7. 2
x 72 = 72 + 72 = 144
Setelah semua siswa mengumpulkan tugas yang
diberikan oleh ibu guru, ibu guru pun memberikan apresiasi kepada mereka dengan
memberi bintang kepada siswa yang mendapat nilai baik. Pembelajaran pun telah
selesai, tiba waktunya siswa berpisah dengan teletubbies. Kemudia mereka pun
berpelukan dengan teletubbies.
Selesai..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar