Rabu, 06 Januari 2016

Telletubbies membawa semangat

Teletubbies Membawa Semangat
  
Pada suatu hari terdapat anak-anak yang sedang belajar bersama. Dengan di dampingi ibu guru, mereka terlihat aktif belajar. Pada hari itu belajar mengenai perkalian. Pembelajaran pun dimulai tibalah waktunya dimana anak-anak belajar. Dimulai dengan percakapan berikut :
Ibu guru          : “selamat pagi anak-anak..”
Siswa              : “selamat pagi ibu guru..”
Ibu guru          : “apa kabarnya hari ini?” semuanya sehat??”
Siswa              : “alhamduliah sehat ibu guru..”
Ibu guru         : “baiklah anak-anak ada yang tahu kita akan belajar apa hari ini??”
Siswa              : “belajar matematika ibu guru....”
Ibu guru          : “ya, betul anak-anak.. hari ini kita akan belajar matematika mengenai perkalian. Ada yang tahu perkalian itu apa anak-anak ?”
Siswa              : “tidak bu guru...”
Ibu guru         : “perkalian itu adalah penjumlahan berulang. Misalkan 2 x 2 itu sama dengan 2 + 2. Jadi 2 x 2 = 4, sama dengan 2 + 2 = 4.”

Pada saat proses pembelajaran berlangsung, datanglah teletubbies  menghampiri anak-anak yang sedang belajar. Mereka pun merasa terkejut dengan kedatangan teletubbies, akan tetapi mereka senang dan bersemangat mengetahui bahwa teletubbies datang untuk mengikuti belajar bersama dengan mereka. Setelah itu ibu guru kembali menjelaskan mengenai konsep perkalian, bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang. Dengan menggunakan tangkai yang ada pada bunga sebagai media yang dapat digunakan, ibu guru mempraktikkan mengenai penjumlahan berulang.
Ibu guru   : “anak-anak perhatikan ibu ya.. ibu mempunyai 4 tangkai bunga.. pada setiap tangkai terdapat 3 bunga.. berapa banyak bunga seluruhnya?”
Siswa         :  “4 x 3 = 4 + 4 + 4 + 4 = 12 ibu guru..”
Ibu guru     : “ ya, betul anak-anak” kalian sudah pandai menghitung ya..”
Kemudian, karena teletubbies tidak mengikuti pembelajaran dari awal.. maka mereka tidak memahami konsep perkalian tersebut sehingga teletubbies pun bertanya kepada ibu guru.
Teletubbies     : ibu guru saya bagaimana bisa 4 x 3 itu 12 ?
Ibu guru pun mengulangi penjelasannya mengenai perkalian, sehingga teletubbies mengetahui mengapa bisa 4 x 3 itu menjadi 12. Karena perkalian adalah penjumlahan berulang. Setelah semua siswa memahami konsep perkalian ibu guru pun memberikan latihan soal kepada mereka.

Contoh Soal  
1.   2 x 5 = 5 + 5= 10
2.   6 x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 18
3.   4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
4.   7 x 8 = 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 = 56
5.   10 x 10 = 10 + 10 + 10 + 10 + 10 + 10+ 10 + 10 + 10 + 10 = 100
6.   4 x 28 = 28 + 28 + 28 + 28 = 112
7.   2 x 72 = 72 + 72 = 144
Setelah semua siswa mengumpulkan tugas yang diberikan oleh ibu guru, ibu guru pun memberikan apresiasi kepada mereka dengan memberi bintang kepada siswa yang mendapat nilai baik. Pembelajaran pun telah selesai, tiba waktunya siswa berpisah dengan teletubbies. Kemudia mereka pun berpelukan dengan teletubbies.


Selesai..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar