Kamis, 07 Januari 2016

Pengertian Modul


Pengertian Modul

Modul adalah alat atau sarana pmbelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan materi pembelajaran, petunjuk kegiatan belajar, latihan dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dan dapat digunakan secara mandiri.
Modul adalah alat pembelajaran yang disusun sesuai dengan kebutuhan belajar pada mata kuliah tertentu untuk keperluan proses pembelajaran tertentu, sebuah kompetensi atau subkompetensi yang di kemas dalam satu modul secara utuh mampu membelajarkan diri sendiri atau digunakan untuk belajar secara mandiri. Penggunaan modul tidak bergantung pada media lain, memberikan mahasiswa untuk berlatih dan memberikan rangkuman, memberi kesempatan memberikan tes sendiri, dan mengakomodasi kesulitan mahasiswa dengan memberikan tindak lanjut dan umpan balik.
Dengan demikian modul adalah sarana pembelajaran dalam bentuk tertulis atau cetak yang tersusun secara sistematis, memuat materi pembelajaran, metode, tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar atau indikator pencapaian kompetensi, petunjuk kegiatan belajar mandiri dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menguji diri sendiri melalui latihan yang sajikan dalam modul tersebut.
Modul memiliki sifat membantu dan mendorong pembacanya untuk mampu membelajarkan diri sendiri dan tidak bergantung pada media lain dalam penggunaanya. Salah satu tujuan penyusunan modul adalah menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurukulum dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa, yakni bahan ajar yang sesuai dengan dengan karakteristik materi ajar dan karakteristik siswa, serta latar belakang lingkungan sosialnya.
Modul memiliki berbagai manfaat, baik ditinjau dari kepentingan siswa maupun dari kepentingan guru. Bagi siswa, modul bermanfaat antara lain:
a.    Siswa memiliki kesempatan melatih diri belajar secara mandiri.
b.    Belajar mandiri lebih menarik karena dapat dipelajari di luar kelas dan di luar jam pembelajaran.
c.    Berkesempatan mengekspresikan cara-cara belajar yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
d.    Berkesempatan menguji kemampuan diri sendiri dengan mengerjakan latiahan yang disajikan dalam modul.
e.    Mampu membelajarkan diri sendiri.
f.  Mengembangkan kemampuan siswa dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya.
Bagi guru, penyusunan modul bermanfaat karena:
a.    Mengurangi kebergantungan terhadap ketersediaan buku teks.
b.   Memperluas wawasan karena disusun dengan mengguanakan berbagai referensi.
c.    Menambah khazanah pengetahuan dan pengalaman dalam menulis bahan ajar.
d.   Membangun komunikasi yang efektik antara dirinya dan siswa karena pembelajaran tidak harus berjalan tatap muka.
e.    Menembah angka kredit jika dikumpulkan menjadi buku dan diterbitkan.


Pada penelitian ini, peneliti menggunakan modul teletubbies membawa semangat. Dalam modul tersebut berisi tentang cerita mengenai proses pembelajaran matematika. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar